Artikel

Layanan / Instalasi Pemeliharaan Sarana -

Instalasi Pemeliharaan Sarana (IPS)

Oleh Admin RSUD Nganjuk pada 28 July 2017
INSTALASI PEMELIHARAAN SARANA
 
Instalasi pemeliharaan Sarana Rumah Sakit merupakan suatu unit fungsional yang bertugas melaksanakan program kegiatan pemeliharaan dalam rangka menjamin prasarana fasilitas penunjang Rumah Sakit selalu dalam keadaan siap pakai, aman dan efisien.
Adapun Tugas Pokok dari instalasi pemeliharaan sarana adalah merencanakan, mengkoordinasi, melaksanakan, monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan pemeliharaan peralatan medis dan non medis. 
Instalasi pemeliharaan sarana berfungsi sebagai pelaksana teknis pemeliharaan medis dan non medis, monitoring dan evaluasi tehadap fasilitas Rumah Sakit. 
I RUANG LINGKUP PELAYANAN
Ruang lingkup Pelayanan Pemeliharaan medis dan non medis di Rumah Sakit  meliputi :
a. Bidang Medis :
Program pemeliharaan peralatan medis meliputi :
1) Kalibrasi 
Kalibrasi Internal ( Quality Control ) Alat Kedokteran Meliputi :
- Tensimeter
- Suction
Kalibrasi Eksternal ( Quality Assurance ) menggunakan jasa Badan Pengamanan Fasilitas Kesehatan ( BPFK ) atau badan swasta yang telah sah secara undang - undang.
2) Pemeliharaan Alkes setiap 4 bulan sekali sesuai jadwal yang telah disusun.
b. Bidang Non Medis
Pemeliharaan peralatan non medis meliputi :
1) Bangunan
2) Listrik
3) Air bersih
4) Perbengkelan
 
 
II BATASAN OPERASIONAL
Dalam fungsinya sebagai Instalasi Pemeliharaan, Instalasi Pemeliharaan Sarana (IPS) mengelompokkan pemeliharaan menjadi 4 (empat) bagian berdasarkan tingkat kerusakan yaitu :
a. ≤ 30 menit untuk alat yang dapat diperbaiki sendiri ( ringan )
b. ≤ 48 jam untuk alat yang diperbaiki sendiri ( sedang )
c. ≤ 7 hari untuk alat yang dapat diperbaiki sendiri ( berat )
d. ≤ 30 hari untuk alat yang tidak bisa diperbaiki sendiri ( pihak III )
adapun untuk pemeliharaan yang dilakukan dengan menggunakan jasa pihak ke 3 maka posisi Instalasi Pemeliharaan Sarana (IPS) adalah sebagai supervisor pada saat proses pemeliharaan sarana dan prasarana, petugas melakukan pendampingan dari awal hingga pengecekan hasil pekerjaan, data selalu didokumentasikan agar data historical maintenance dapat selalu diketahui.
 
III SUMBER DAYA PELAYANAN
a. Teknisi Elektro Medis : 4 Orang
b. Teknisi Non Medis : 13 Orang
c. Administrasi : 1 Orang
Berita /Berita

Penawaran Pinjam Pakai Alat Pemeriksaan Gula Darah Acak (GDA)

Oleh Admin RSUD Nganjuk pada 26 April 2018


Berita /Berita

Peringatan Hari Pendengaran Dunia

Oleh Admin RSUD Nganjuk pada 03 March 2018


Berita /Berita

PERSYARATAN PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN

Oleh Admin RSUD Nganjuk pada 20 February 2018


Berita /Berita

Pengumuman

Oleh Admin RSUD Nganjuk pada 04 September 2017


Profil /Visi Misi

Pengumuman

Oleh Admin RSUD Nganjuk pada 04 September 2017


RSUD Nganjuk akan senantiasa mengutamakan keselamatan dan kesembuhan pasien...